Rabu, 16 Januari 2019

Cara Pemanfaatan Koleksi Fiksi di Perpustakaan Daerah Tangerang Selatang


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan pemanfaatan terhadap koleksi fiksi, tujuan pemanfaatan koleksi fiksi, dan cara pemanfaatan koleksi fiksi. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan kuisioner (angket).

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Perpustakaan Umum Daerah Kota Tangerang Selatan yang berjumlah 1.008 orang. Sampel yang diambil 10% dari jumlah populasinya, yaitu 1.008 x 10% = 100,8 di bulatkan menjadi 101 orang/responden. Berkaitan dengan pemetaan pemanfaatan terhadap koleksi fiksi, bahwa koleksi fiksi yang dibaca di perpustakaan dalam sehari adalah satu buah buku, koleksi fiksi yang sering dibaca dan di pinjam di perpustakaan adalah novel, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk membaca satu cerita fiksi adalah satu hari. Kemudian mengenai tujuan utama pemanfaatan koleksi fiksi di Perpustakaan Umum Kota Tangerang Selatan, sebagian besar yaitu mengisi waktu.

Alasan responden memilih untuk mengisi waktu adalah karena responden hampir setengahnya menyukai cerita fiksi. Adapun cara pemanfaatan koleksi fiksi di perpustakaan yaitu sebagian besar dengan cara meminjam. Alasan responden memanfaatkan koleksi fiksi dengan cara meminjam dipilih adalah karena lebih nyaman membaca di rumah daripada di perpustakaan.

Tidak ada komentar: